Satu sms masuk ke hp saya. Bunyi smsnya: "Selamat malam Pak Ridhwan, perkenalkan saya Petra dari Quipper School :) Terima kasih sudah bergabung dengan kami. Saya akan membantu Pak Ridhwan & siswa dalam menggunakan Quipper School. Kapan saya bisa ngobrol dengan Bapak selama 15 menit? Salam, Tim Quipper School."

apa itu quipper school


Tanpa pikir panjang, saya tekan 'pilihan' pada tampilan hp Samsung lalu saya pilih 'blokir sesuai alamat'. Muncul pertanyaan: 'Pindahkan ke kotak Spam?'. Ya! 

Saya tidak ingin nomor yang tidak dikenal itu menelpon saya. Jadilah sms itu sebagai satu-satunya pesan penghuni kotak Spam di hp saya, untuk saat ini. Hari ini, sms itu saya buka lagi dan saya lihat tanggal pesannya: 07/10/2014 . 07:50:56 PM.

Saya buka lagi karena ternyata di facebook saya juga ada pesan dari yang namanya Petra Monica. 

Conversation started Wednesday, 08/10/2014 11:20. 

Dimulai dengan kalimat: "Selamat pagi Pak Ridhwan  :) Perkenalkan saya Petra dari Quipper School". 

Kemarin itu Rabu saya balas: "iya" [08/10/2014 18:06]. 

Petra Monica 08/10/2014 18:06
Apa kabar Pak?
Bapak mengajar apa?

Saya 08/10/2014 18:59
sma

Chatting kemarin terhenti. Namun rupanya hari ini yang namanya Petra Monica kembali mengirimkan pesan di Fb melanjutkan yang kemarin.

Today
Petra Monica 14:11
Untuk mapel apa Pak?

Pesan itu sudah beberapa jam tidak saya ketahui hingga saya balas beberapa saat sebelum menulis di blog ini.

Saya 16:21
ada apa ya?

Petra Monica 16:22
Saya akan memandu Pak Ridhwan untuk menggunakan Quipper School (layanan e-learning yang Bapak daftar) dengan para siswa
Sebelumnya, saya ingin tahu Bapak mengajar mapel apa
untuk kelas berapa Pak

Noor Ridhwan 16:24
fisika x

Petra Monica 16:25
Baik
Siswa2nya sudah mulai diajak mendaftar ke Quipper School belum nih Pak?

Noor Ridhwan 16:25
blm

Petra Monica 16:25
Bapak ada waktu online 15 menit sekarang supaya bisa saya pandu & jelaskan tentang penggunaan Quipper School?

Noor Ridhwan 16:25
yu

Petra Monica 16:26
Artinya Pak?

Noor Ridhwan 16:26
ya

Petra Monica 16:28
Ah baik
Sambil saya kenalkan, Quipper School memiliki 2 link 
utama:
1. Q-Link (untuk guru)
2. Q-Learn (untuk siswa)

Petra Monica 16:28
Silakan sambil membuka akun Q-Link Bapak kembali di http://link.quipperschool.com/id

Noor Ridhwan 16:33
lalu

Petra Monica 16:34
Untuk aktif menggunakan Quipper School dengan siswa, Bapak tinggal 1) Buat kelas, 2) Tambahkan nama siswa & bagikan kode akses, 3) Aktivasi Siswa, 4) Berikan tugas Bapak sudah coba buat kelas?

Noor Ridhwan 16:36
lalu?

Petra Monica 16:37
Silakan Bapak klik kelasnya, lalu klik 'Undang Siswa'

Petra Monica 16:37
kolom putih



Petra Monica 16:37
Silakan Bapak masukkan nama2 siswa ke kolom putih. 
Kalau ada daftar absen tinggal copy/paste Pak 

Noor Ridhwan 16:38
setelah itu?

Petra Monica 16:39
Kalau sudah memasukkan nama2 siswa, Bapak jangan lupa klik ‘Tambahkan nama siswa di atas’, supaya tersimpan secara otomatis. Lalu klik ‘Cetak kode akses’

Noor Ridhwan 16:39
lalu

Petra Monica 16:40
Nah setelah Bapak cetak kode aksesnya, selanjutnya tinggal dibagikan ke siswa supaya mereka bisa mendaftar & melakukan aktivasi

Petra Monica 16:40
Bapak bisa sambil lihat video tutorial ini http://youtu.be/tf_ZxpfrH78?list=UU6fboTsZkzdDk6JIlbyoZ9w

Tutorial elearning Quipper School untuk siswa (bag.2)
www.youtube.com
Tutorial mendaftar di https://learn.quipperschool.com dengan membuat account quipperschool.com. sangat mudah. Selemat belajar

Noor Ridhwan 16:41
bahan ajar dimana?

Petra Monica 16:42
Langkah-langkahnya:
1. Siswa buka Q-Learn https://learn.quipperschool.com 
2. Siswa daftar menggunakan i) akun Facebook, atau ii) membuat akun quipperschool baru -- Nama Pengguna (jangan huruf kapital, jangan ada spasi) & Kata Sandi (jangan menggunakan kode akses, karena akan mudah  dilupakan)
3. Siswa memasukkan kode akses kelas dari guru
4. Selesai. Siswa dapat melihat materi yang ada & mencoba menjawab soal 

Petra Monica 16:42
Untuk melihat materi, Bapak silakan klik 'Kurikulum' di sebelah kiri

Noor Ridhwan 16:48
tidak ada ya yg bahasa indonesia

Petra Monica 16:48
Maksudnya pak?
Website nya atau materinya?

Noor Ridhwan 16:52
materinya kok bahasa inggris

Petra Monica 16:58
Boleh saya lihat tampilannya Pak?

END...[sampai disitu percakapan saya hentikan]

Ada perasaan sungkan (baca: aneh) dalam pikiran saya akan Quipper School ini. Sebelumnya memang saya sudah sign up. Akan tetapi setelah sign up, saya tidak ngapa-ngapain lagi. Dalam benak saya, yah ini Quipper School mirip-mirip lah dengan edmodo . Saya sudah punya akun di edmodo, bahkan kelas fisika yang saya asuh sudah masuk juga di edmodo. Berbagai penugasan, kuis dan diskusi tanya jawab sudah saya lakukan di edmodo dengan para siswa. Jadi jika harus beralih lagi ke yang baru rasanya gimana gitu... :)

Eh, rupanya si doi kelihatan ngebet pengen diperhatikan. Sampai-sampai mengirim sms dan juga chat inbox. Setelah saya melakukan apa yang disampaikan oleh Petra Monica pada chat inbox seperti saya salin di atas, sepengetahuan saya sampai saat ini tentang Quipper School memang mirip dengan edmodo. 

Setelah masuk ke bagian Kurikulum seperti yang diarahkan Mbak Petra, saya menemukan isi kurikulum:
Science - Grade 10 (K-12) 
Earth and Space 5 topik
Force, Motion Energy 8 topik
Living Things and Their Environment 21 topik
Matter 10 topik

Meski "kata pengantar" webnya berbahasa Indonesia, ternyata materinya masih berbahasa Inggris. Mungkin jika kita ingin berbahasa Indonesia, ya bikin sendiri.

Selanjutnya saya coba melihat Terms & Conditions, sepintas saya baca ada istilah tokens. "Tokens" credits used as the only means of exchange for transactions effected on or through Quipper App, including payments for downloads. Wow ada payments nya ternyata. berarti bisnis nih. Hehe... pantesan si doi ngebet promosinya, di facebook seringkali muncul iklannya.

Nah, itu baru saya baca sepintas, rada malas memang bacanya, disamping berbahasa Inggris, Terms & Conditions-nya juga panjang isinya. Disamping membaca itu, Anda yang berminat dengan Quipper School atau yang ingin tahu apa itu Quipper School, sebaiknya juga membaca Privacy Policy-nya.


16 Komentar:

  1. nyimak gan, pertamax . . . . :d
    wah iya tuh, memang si quesper sering munclo di facebok
    sampai saya heran klo punya pemerintahan pastinya langsung di share ke sekolah dan tidak di iklankan seperti itu :o

    salam saya dari guru smk muh 2 sby - kunjungi www.liansmudas.blogspot.com 8-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam juga pak, terimakasih sudah mampir ke blog saya :)

      memasukkan data siswa ke quipper itu juga yg jadi kekhawatiran saya..

      Hapus
  2. ea kuatir nanti para siswa di tipu sama si quesper tersebut :-t
    apalagi para siswa masih awam soal kejahatan system online, ;(
    wah bila siswa kena penipuan, yang kena malah gurunya. . ;((

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. iya dari awal saya bikin akun juga sudah gratis mas bro :)

      Hapus
  4. saya sudah lama pake quipper pa, bisa membantu anak dalam mengerjakan tugas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih pak sudah berkunjung ke blog ini. Selanjutnya apakah saya boleh tahu pengalaman bapak itu seperti apa persisnya?

      Hapus
    2. belajar lewat quipper school enak ga ruwet ....
      dan banyak kompetisinya pokoknya seru deh... saya siswa di quipper school...
      siswa jurusan akuntansi di smk negeri 2 buduran

      Hapus
  5. betul juga tuh mas ridhwan, ko petugasnya ngebet banget yah, bahkan rela mati-matian nelpon, kan korban PULSA na kan, jadi pasti ada U dibalik B...hehehe

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. ikutan komen, saya juga baru gabung di quipper dan lagi ngerjakan tes terakhir ujian mabsadornya, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Disini saya kasih pencerahan, Quipper School sendiri pure for free, alias bener2 gratis. Emang ada layanan yg berbayar, itu namanya Quipper Video, Dan itu tidak dibebankan kepada guru, jadi klu efekfif untuk proses mengajar dengan Quipper School, jangan khawatir, layanan Quipper School gratis, sesuai dengan visi agar pendidikan merata tidak hanya untuk Di Kota aja, tapi daerah terpencil pun bisa mendapatkan kurikulum yg sama asal ada penunjangnya yaitu gadget Dan internet sendiri...

    BalasHapus
  11. Disini saya kasih pencerahan, Quipper School sendiri pure for free, alias bener2 gratis. Emang ada layanan yg berbayar, itu namanya Quipper Video, Dan itu tidak dibebankan kepada guru, jadi klu efekfif untuk proses mengajar dengan Quipper School, jangan khawatir, layanan Quipper School gratis, sesuai dengan visi agar pendidikan merata tidak hanya untuk Di Kota aja, tapi daerah terpencil pun bisa mendapatkan kurikulum yg sama asal ada penunjangnya yaitu gadget Dan internet sendiri...

    BalasHapus
  12. Alahamdulillah sejak menggunakan Quipper siswa lebih senang belajar, dan banyak sekali manfaat yg saya dapatkan, mulai dari jadi Ambasador dan ikut Quipper Supporter, dan banyak kompetisi berhadiahnya. Terima kasih Quipper School.

    BalasHapus